TAHAPAN PROGRAM

Tahapan program dimulai dari proses Pendaftaran, proses Seleksi & Kurasi, lalu Pelatihan, kemudian Pembuatan Toko Online Siap Pakai dan terkahir dilakukan pendampingan dan Monitoring. Program pelatihan dilakukan secara online melalui website online learning, dimana semua materi pelatihan akan disediakan melalui website Akademi.Bumdesmart.id. Selain itu akan diadakan Webminar secara reguler untuk penyampaian materi, diskusi dan konsultasi melalui Google Meet/Zoom. Pendampingan akan dilakukan melalui WA Group. Sedangkan monitoring akan dilakukan secara realtime melalui Dashboard.

#1 SELEKSI & KURASI PESERTA

Target peserta 100 Bumdes dan UMKM Desa. Peserta akan diseleksi, dikurasi dan dipilih sesuai kriteria. Bidang usaha untuk Produksi, Perdagangan dan Desa Wisata. Usaha peserta harus sudah berjalan secara offline. Lokasi peserta program diutamakan tersedia koneksi internet, layanan pembayaran dan pengiriman barang.

#2 PELATIHAN LITERASI DIGITAL

Pelatihan pertama adalah mengenalkan perkembangan Digital dan E-Commerce di Indonesia, mengenalkan toko online siap pakai WAStore, pelatihan pemasaran produk dipasar lokal dan regional menggunakan toko online, dan pelatihan semua ketrampilan yang perlu dikuasai dalam mengelola toko online.

#3 PELATIHAN PENYIAPAN PRODUK

Pelatihan penyiapan produk meliputi mengubah produk siap dijual online, membuat foto produk dengan smartphone, membuat deskripsi produk yang menjual, mengemas produk untuk siap dikirim, menentukan harga, satuan penjualan dan biaya kirim, dan menyiapkan tim layanan pelanggan. Termasuk bagaimana menyiapkan produk layanan wisata.

#4 FASILITASI PEMBUATAN 100 TOKO ONLINE

Fasilitasi Toko Online dengan membuatkan Toko Online siap pakai dengan nama toko sesuai dengan nama usaha dan dibuatkan subdomain dari domain Bumdesmart.id, Bumdeswisata.id dan Bisnislokal.id. Pendampingan intensif untuk meng-upload produk, ujicoba order, sampai dengan toko online siap melayani pelanggan.

#5 PELATIHAN MENGELOLA TOKO ONLINE

Pelatihan mengelola toko online, meliputi: meng-update toko online, mengelola produk yang dijual, me-respon chat pelanggan, mengelola pesanan, menentukan biaya kirim, menerima pembayaran, dan mengirimkan pesanan. Juga manajemen stok dan penyimpanan barang.

#6 PELATIHAN MARKETING TOKO ONLINE

Pelatihan pemasaran toko online, meliputi: menetapkan target pelanggan lokal, mempromosikan link toko online, mempelajari platform untuk marketing online lokal seperti WA Group, FB Marketplace, FB Group, serta cara me-respon dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

#7 PENDAMPINGAN

Program ini juga akan memberikan pendampingan melalui WhatsApp Group untuk konsultasi semua permasalahan pengelolaan toko online yang mungkin belum dibahas di pelatihan, dan solusi untuk semua permasalah baru yang ada di operasional sehari-hari.

#8 MONITORING

Monitoring toko online setiap Bumdes dan UMKM Desa dilakukan untuk memastikan efektivitas program, memonitor aktivitas toko online yang meliputi tingkat kunjungan visitor, jumlah order dan jumlah produk yang dipesan. Monitoring dilakukan melalui Dashboard.