Materi Pelatihan Bumdesmart

Materi Pelatihan ini diberikan kepada peserta Program Pendampingan, Pelatihan dan Fasilitasi Toko Online untuk Bumdes dan UMKM Desa. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Pengelola Toko Online. Materi pelatihan dikemas secara padat, dengan tujuan utama mudah dipahami secara cepat. Materi pelatihan dipresentasikan di Webinar dan dalam bentuk file PDF. Materi pelatihan yang akan diajarkan sebagai berikut.

Literasi Digital dan Toko Online

Pelatihan pertama ini akan membahas materi literasi digital yang meliputi Perkembangan Digital di Indonesia, Pengenalan Fitur Toko Online, Pemasaran produk dipasar lokal dan regional menggunakan toko online dan Ketrampilan yang perlu dikuasai dalam mengelola toko online.

Menyiapkan Produk Toko Online

Pelatihan kedua ini membahas materi penyiapan produk yang meliputi Mengubah Produk Siap Dijual Online, Foto Produk dengan Smartphone, Deskripsi produk yang menjual, Mengemas Produk untuk Siap Dikirim, Menentukan harga, satuan penjualan dan biaya kirim serta Menyiapkan Tim Layanan Pelanggan.

Mengelola Toko Online

Pelatihan ketiga ini membahas materi mengelola toko online yang meliputi Meng-update Toko Online seperti meng-update informasi utama, banner, warna website, No.HP, pembayaran, rekening bank, pengiriman, kategori produk dan produk. Mengelola Pesanan yang masuk serta Mengelola Pembayaran & Pengiriman.

Marketing Toko Online

Pelatihan ke-empat ini membahas pemasaran toko online yang meliputi mencari data konsumen lokal, dasar-dasar marketing online, promosi link toko online seperti membuat Google Bisnisku, WhatsApp Marketing, pemasaran melalui FB Group lokal & Marketplace lokal dan akun-akun Instagram populer di lokal.

Pelatihan Tambahan

Pelatihan tambahan khusus Marketing Toko Online ini diberikan untuk makin meningkatkan kemampuan SDM Bumdes dalam mengelola toko online yang sudah siap dioperasikan. Pelatihan tambahan ini didukung oleh KOMPAK.

Pengelolaan Akun Instagram Bisnis untuk Marketing Toko Online

Pelatihan ini membahas bagaimana Strategi membuat nama akun, Membuat bio yang benar, Tips membuat posting yang menarik dan punya daya viral, Strategi membuat #hashtag (tanda pagar), Riset target market, Cara-cara organik untuk mengembangkan akun instagram, Cara-cara berbayar yang harus dikuasi oleh pemilik akun instagram.

Pengelolaan Google Bisnisku untuk Marketing Toko Online

Pelatihan ini membahas bagaimana pengelolaan Google Bisnisku untuk Marketing Toko Online. Mengoptimalkan hasil pencarian toko online melalui Google Bisnisku. Cara membuat Google Bisnisku hanya 10 menit melalui HP. Informasi apa saja yang penting dimasukkan ke Google Bisnisku dan strateginya untuk Bumdes.

Pengelolaan FB Personal dan FB Pages untuk Marketing Toko Online

Pelatihan ini membahas mulai dari membidik target market, menulis status yang menarik dan relevan, Tips menghindari penulisan status yang mengandung unsur berjualan di akun FB personal, bagaimana menautkan aktivitas di akun facebook personal ke akun FB Fanpage sebagai akun resmi toko online.

Praktek Iklan Berbayar di Facebook untuk Marketing Toko Online

Pelatihan langsung praktek ini bagaimana beriklan di Facebook dengan cara efektif dengan biaya iklan yang kecil. Mulai dari memilih tujuan beriklan, memberi nama kampanye iklan, mengatur akun iklan, memilih Audiens, memilih lokasi penempatan iklan, mengatur budget dan jadwal iklan, dan menyelesaikan pembuatan iklan.

Membuat Atraksi Wisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal

Sesi ini akan membahas bagaimana mengajak seniman dan warga masyarakat menggelar kesenian dan budaya lokal kampung/desa sebagai bagian dari atraksi desa wisata.